RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMAN 1 Lamongan
Mata Pelajaran :
KIMIA
Kelas /Semester :
XI/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Senyawa Hidrokarbon
Alokasi
Waktu : 12 JP ( 3 Pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI SPIRITUAL (KI
1) DAN KI SOSIAL (KI 2)
|
Kompetensi
Sikap Spiritual yang ditumbuhkembangkan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik,
yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Sedangkan pada Kompetensi
Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis),pro-aktif (kreatif) dan
percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan baik.
|
KI PENGETAHUAN (KI
3)
|
KI KETERAMPILAN (KI
4)
|
KI3:Memahami
,menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1 Menganalisis struktur dan
sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan
kekhasan atom karbon dan golongan senyawanya
|
3.1.1
Mengidentifikasi
struktur senyawa hidrokarbon
berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon
3.1.2
Mengidentifikasi
struktur senyawa hidrokarbon
berdasarkan pemahaman penggolongan senyawanya
3.1.3
Menganalisis
sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan
pemahaman kekhasan atom karbon
3.1.4
Menganalisis
sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman penggolongan senyawanya
3.1.5
Menjelaskan
dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkunganserta cara
mengatasinya
3.1.6
Menjelaskan
dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap kesehatan serta cara mengatasinya
|
4.1
Membuat model visual berbagai struktur molekul hidrokarbon yang
memiliki rumus molekul yang sama
|
4.1.1
Menampilkan
hasil olahan dan hasil analisa struktur dan sifat senyawa hidrokarbon
berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya.
4.1.2
Mempresentasikan
hasil pemahaman tentang proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi
minyak bumi beserta kegunaannya
4.1.3
Mempresentasikan
hasil evaluasi dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan
kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan metode mind mapping, teknik
ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas, Selama dan setelah
mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
à
Memahami struktur
senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon
à
Memahami struktur
senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman penggolongan senyawanya
à
Menjelaskan sifat
senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon
à
Menjelaskan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan
pemahaman penggolongan senyawanya
à
Memahami dampak pembakaran senyawa hidrokarbon
terhadap lingkunganserta cara mengatasinya
dengan
rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran,
bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap
responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi
dan bekerjasama dengan baik.
Fokus
nilai-nilai sikap
à Peduli
à Jujur berkarya
à Tanggung jawab
à Toleran
à Kerjasama
à Proaktif
à kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
a.
Fakta:
ª oksigen,
ª nitrogen,
ª fosforus,
ª halogen
dan
ª beberapa
unsur logam
b.
Konsep
ª Hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri dari unsur karbon(C)
dan hidrogen (H). Seluruh hidrokarbon memiliki rantai karbon dan atom-atom
hidrogen yang berikatan dengan rantai tersebut. Istilah tersebut digunakan juga
sebagai pengertian dari hidrokarbon alifatik. Sebagai contoh, metana (gas rawa)
adalah hidrokarbon dengan satu atom karbon dan empat atom hidrogen: CH4.
Etana adalah hidrokarbon (lebih terperinci, sebuah alkana) yang terdiri dari
dua atom karbon bersatu dengan sebuah ikatan tunggal, masing-masing mengikat
tiga atom karbon: C2H6. Propana memiliki tiga atom C (C3H8)
dan seterusnya (CnH2·n+2)
c.
Prinsip
ª Hidrogen
dan senyawa turunannya, umumnya terbagi menjadi tiga kelompok besar yaitu:
1)
Hidrogen alifatik
2)
Hidrokarbon alisiklik
3)
Hidrokarbon aromatic
ª Kemampuan
karbon mengikat karbon lainnya meyebabkan atom karbon mempunyai 4 macam
kedudukan sebagai berikut
1)
Atom C primer adalah atom yang
mengikat satu atom C lainnya.
2)
Atom C sekunder adalah atom yang
mengikat dua atom C lainnya.
3)
Atom C tersier adalah atom C yang
mengikat tiga atom C lainnya.
4)
Atom C kuartener adalah atom C
yang mengikat empat atom C lainnya
d.
Prosedur
ª
Menampilkan hasil olahan dan hasil analisa struktur
dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan
penggolongan senyawanya.
ª
Mempresentasikan hasil pemahaman tentang proses
pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya
ª
Mempresentasikan hasil evaluasi dampak pembakaran
hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya untuk mengatasinya.
2. Materi
Pembelajaran Remedial
à
Membuat mindmap
mengenai dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan
3. Materi
Pembelajaran Pengayaan
à
Upaya mengatasi
dampak pembakaran hidrokarbon
E.
Metode Pembelajaran
©
Pendekatan : Scientific Learning
©
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
à Media LCD projector,
à Laptop,
à Bahan Tayang (PPT)
2. Sumber Belajar
à Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran kimia kelas XI Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
à Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran kimia kelas
XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
à Modul/bahan ajar
à Internet
à Buku teks pelajaran yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses
pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter)
serta membiasakan membaca dan memaknai isi dalam Al Qur’an (Literasi))
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Pada kelas
X
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang:
ª Definisi
Hidrokarbon
ª Penggolongan
Hidrokarbon
ª Klasifikasi
Hidrokarbon
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
à Definisi Hidrokarbon
à Penggolongan Hidrokarbon
à Klasifikasi Hidrokarbon
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
v Mengamati Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (Literasi) dengan rasa ingin
tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
à
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung), (Berpikir
kritis dan kreatif (4C), berani mengemukakan pendapat (Literasi) dengan
rasa percaya diri (Karakter), serta mampu memahami keterkaitan permasalahan
dengan konsep yang akan dipelajari)
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
à
v
Mendengar
à Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
â Definisi Hidrokarbon
â Penggolongan Hidrokarbon
â Klasifikasi Hidrokarbon
v
Menyimak,
à Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
â Definisi Hidrokarbon
â Penggolongan Hidrokarbon
â Klasifikasi Hidrokarbon
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan (Berpikir
kritis dan kreatif (4C), berani mengemukakan pendapat (Literasi) dengan
rasa percaya diri (Karakter), serta mampu memahami keterkaitan permasalahan
dengan konsep yang akan dipelajari)tentang :
à Definisi Hidrokarbon
à Penggolongan Hidrokarbon
à Klasifikasi Hidrokarbon
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
à
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan :
v Mengamati obyek/kejadian,
à
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi Berpikir kritis dan kreatif
(4C) dengan pembiasaan membaca berbagai sumber referensi (Literasi) agar
dapat menjawab tantangan permasalahan dengan rasa ingin tahu dan pantang
menyerah (Karakter)
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah
terkait materi pokok yaitu
à
v
Membaca sumber
lain selain buku teks,
à Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang
â Definisi Hidrokarbon
â Penggolongan Hidrokarbon
â Klasifikasi Hidrokarbon
v
Mempresentasikan
à Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan tentang
â Definisi Hidrokarbon
â Penggolongan Hidrokarbon
â Klasifikasi Hidrokarbon
v Aktivitas (Mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),)
v Mendiskusikan Berpikir
kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C),
dengan rasa ingin tahu dan pantang
menyerah (Karakter)
à Peserta didik diminta berdiskusi tentang klasifikasi
hidrokarbon yang dikelompokkan oleh tatanama organik
v Mengulang
v Saling tukar informasi
tentang :
à Definisi Hidrokarbon
à Penggolongan Hidrokarbon
à Klasifikasi Hidrokarbon
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan (mengembangkan kemampuan
berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C), dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data :
à Definisi Hidrokarbon
à Penggolongan Hidrokarbon
à Klasifikasi Hidrokarbon
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi Mengembangkan kemampuan
berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),
yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal (Nilai Karakter: rasa ingin
tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)
selama peserta
didik bekerja di
dalam kelompok, pendidik
memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan
mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya
apabila ada yang belum dipahami, bila diperlukan pendidik
memberikan bantuan secara klasikal mengenai
à Definisi Hidrokarbon
à Penggolongan Hidrokarbon
à Klasifikasi Hidrokarbon
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan
hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data
atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
à Definisi Hidrokarbon
à Penggolongan Hidrokarbon
à Klasifikasi Hidrokarbon
antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
(Nilai Karakter: rasa ingin
tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
à Definisi Hidrokarbon
à Penggolongan Hidrokarbon
à Klasifikasi Hidrokarbon
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
à Definisi Hidrokarbon
à Penggolongan Hidrokarbon
à Klasifikasi Hidrokarbon
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
2. Pertemuan Ke- 2 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (Menunjukkan sikap disiplin
sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai isi dalam Al
Qur’an (Literasi))
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Definisi
Hidrokarbon
ª Penggolongan
Hidrokarbon
ª Klasifikasi
Hidrokarbon
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang:
ª Atom
Karbon
ª Kekhasan
atom karbon
ª Atom C
primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
à Atom Karbon
à Kekhasan atom karbon
à Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
v Mengamati Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (Literasi) dengan rasa ingin
tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
à
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung), (Berpikir
kritis dan kreatif (4C), berani mengemukakan pendapat (Literasi) dengan
rasa percaya diri (Karakter), serta mampu memahami keterkaitan permasalahan
dengan konsep yang akan dipelajari)
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
à
v
Mendengar
à Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
â Atom Karbon
â Kekhasan atom karbon
â Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
v
Menyimak,
à Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
â Atom Karbon
â Kekhasan atom karbon
â Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
v Mengajukan pertanyaan (Berpikir
kritis dan kreatif (4C), berani mengemukakan pendapat (Literasi) dengan
rasa percaya diri (Karakter), serta mampu memahami keterkaitan permasalahan
dengan konsep yang akan dipelajari)tentang :
à Atom Karbon
à Kekhasan atom karbon
à Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
à
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan :
v Mengamati obyek/kejadian,
à
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi Berpikir kritis dan kreatif
(4C) dengan pembiasaan membaca berbagai sumber referensi (Literasi) agar
dapat menjawab tantangan permasalahan dengan rasa ingin tahu dan pantang
menyerah (Karakter)
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah
terkait materi pokok yaitu
à
v
Membaca sumber
lain selain buku teks,
à Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang
â Atom Karbon
â Kekhasan atom karbon
â Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
v
Mempresentasikan
à Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan tentang
â Atom Karbon
â Kekhasan atom karbon
â Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
v Aktivitas (Mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),)
ª Peserta didik diminta mengidentifikasi unsur c, h dan
o dalam senyawa karbon
ª Peserta didik diminta membedakan atom karbon primer,
sekunder, tersier dan kuartener
ª Peserta didik diminta menuliskan contoh senyawa
karbon primer, sekunder, tersier, dan kuartener
v
Mendiskusikan Berpikir
kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C),
dengan rasa ingin tahu dan pantang
menyerah (Karakter)
à
v Mengulang
v Saling tukar informasi
tentang :
à Atom Karbon
à Kekhasan atom karbon
à Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan (mengembangkan kemampuan
berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C), dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data :
à Atom Karbon
à Kekhasan atom karbon
à Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi Mengembangkan kemampuan
berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),
yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal (Nilai Karakter: rasa ingin
tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)
selama peserta
didik bekerja di
dalam kelompok, pendidik
memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan
mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya
apabila ada yang belum dipahami, bila diperlukan pendidik
memberikan bantuan secara klasikal mengenai
à Atom Karbon
à Kekhasan atom karbon
à Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan
hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data
atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
à Atom Karbon
à Kekhasan atom karbon
à Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
(Nilai Karakter: rasa ingin
tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
à Atom Karbon
à Kekhasan atom karbon
à Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
à Atom Karbon
à Kekhasan atom karbon
à Atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
3. Pertemuan Ke- 3 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses
pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter)
serta membiasakan membaca dan memaknai isi dalam Al Qur’an (Literasi)).
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Atom
Karbon
ª Kekhasan
atom karbon
ª Atom C
primer, sekunder, tertier, dan kuarterner
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang:
ª Struktur
dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
ª Sifat-sifat fisik alkana, alkena dan alkuna
ª Isomer
ª Reaksi
senyawa hidrokarbon
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
à Struktur dan tata nama alkana, alkena dan
alkuna
à Sifat-sifat
fisik alkana, alkena dan alkuna
à Isomer
à Reaksi senyawa hidrokarbon
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang
ª Struktur dan tata nama alkana
ª alkena
ª Struktur dan tata nama alkuna
v Mengamati Berpikir kritis dan
bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (Literasi) dengan rasa ingin
tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
à
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung), (Berpikir
kritis dan kreatif (4C), berani mengemukakan pendapat (Literasi) dengan
rasa percaya diri (Karakter), serta mampu memahami keterkaitan permasalahan
dengan konsep yang akan dipelajari)
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
à
v
Mendengar
à Peserta
didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
â Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
â Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
â Isomer
â Reaksi senyawa hidrokarbon
v
Menyimak,
à Peserta
didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai :
â Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
â Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
â Isomer
â Reaksi senyawa hidrokarbon
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan (Berpikir
kritis dan kreatif (4C), berani mengemukakan pendapat (Literasi) dengan
rasa percaya diri (Karakter), serta mampu memahami keterkaitan permasalahan
dengan konsep yang akan dipelajari)tentang :
à Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
à Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
à Isomer
à Reaksi senyawa hidrokarbon
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
à
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan :
v Mengamati obyek/kejadian,
à
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi Berpikir kritis dan kreatif
(4C) dengan pembiasaan membaca berbagai sumber referensi (Literasi) agar
dapat menjawab tantangan permasalahan dengan rasa ingin tahu dan pantang
menyerah (Karakter)
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusi masalah
terkait materi pokok yaitu
à
v
Membaca sumber
lain selain buku teks,
à Peserta
didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi
tentang
â Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
â Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
â Isomer
â Reaksi senyawa hidrokarbon
v
Mempresentasikan
à Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan tentang
â Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
â Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
â Isomer
â Reaksi senyawa hidrokarbon
v Aktivitas (Mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),)
ª Peserta didk diminta menuliskan rumus umum alkana,
alkena, dan alkuna untuk molekul dengan 1 sampai 10 atom C. Kemudian
berinama dimulai dari jumlah atom diikuti akhiran -ana, -ena, dan –una
ª Peserta didik diminta mengamati senyawa hidrokarbon
dalam kehidupan sehari-hari, misalnya plastik, lilin, dan tabung gas yang
berisi elpiji serta nyala api pada kompor gas.
ª Peserta didik diminta menghubungkan rumus struktur
dan rumus molekul dengan rumus umum senyawa hidrokarbon
ª Membahas cara memberi nama senyawa alkana, alkena dan
alkuna sesuai dengan aturan IUPAC
ª Peserta didik diminta memprediksi jenis isomer
(isomer rangka, posisi, fungsi, geometri) dari senyawa hidrokarbon.
v
Mendiskusikan Berpikir
kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C),
dengan rasa ingin tahu dan pantang
menyerah (Karakter)
à
v Mengulang
v Saling tukar informasi
tentang :
à Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
à Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
à Isomer
à Reaksi senyawa hidrokarbon
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan (mengembangkan kemampuan
berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C), dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data :
à Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
à Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
à Isomer
à Reaksi senyawa hidrokarbon
yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi Mengembangkan kemampuan
berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),
yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal (Nilai Karakter: rasa ingin
tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)
selama peserta
didik bekerja di
dalam kelompok, pendidik
memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan
mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya
apabila ada yang belum dipahami, bila diperlukan pendidik
memberikan bantuan secara klasikal mengenai
à Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
à Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
à Isomer
à Reaksi senyawa hidrokarbon
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan
hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data
atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
à Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
à Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
à Isomer
à Reaksi senyawa hidrokarbon
antara lain
dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
(Nilai Karakter: rasa ingin
tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
à Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
à Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
à Isomer
à Reaksi senyawa hidrokarbon
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
à Struktur dan tata nama alkana, alkena dan alkuna
à Sifat-sifat
fisik alkana,
alkena dan alkuna
à Isomer
à Reaksi senyawa hidrokarbon
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
H.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2)
Tes Lisan
b.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari
buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
ª Menyimak
tayangan/demo tentang materi pokok
ª Menyelesaikan
tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)
Portofolio / unjuk kerja
ª Laporan
tertulis individu/ kelompok
3)
Produk,
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (Terlampir)
3.
PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remedial dapat diberikan kepada peserta didik
yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM.
Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan
remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik
yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan
tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan
Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª Klasifikasi
/ Penggolongan Hidrokarbon
b.
Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta
didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik
yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak
ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi
pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª Keisomeran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar